Jenis Pasar Berdasarkan Wujud Pasar
4. Pasar Berdasarkan Lahiriah Pasar
Pasar berdasarkan sifat atau variasi barang yang
diperjualbelikan dibedakan menjadi dua jenis, adalah pasar konkrit dan pasar
kongkret.
a. Pasar Konkrit (Pasar Riil)
Pasar konkrit (pasar kongkret) yakni daerah pertemuan antara
penjual dan pembeli yang dijalankan secara lantas. Penjual dan pembeli berjumpa
untuk melaksanakan transaksi jual beli (tawarmenawar).
Barang-barang yang diperjualbelikan di pasar konkrit terdiri
atas bermacam-macam variasi barang yang ada di daerah hal yang demikian. Model
pasar konkrit adalah pasar tradisional, supermarket, dan swalayan. Melainkan
ada juga pasar konkrit yang memasarkan satu variasi barang. Umpamanya pasar
buah cuma memasarkan buahbuahan, pasar binatang cuma melayani jual beli
binatang, pasar sayur cuma memasarkan sayur-mayur.
Pasar konkrit pada kenyataannya bisa digolongankan menjadi
bermacam-macam format adalah pasar konkrit menurut manajemen pengelolaan,
manajemen pelayanan, jumlah barang yang dipasarkan, banyak sedikit barang yang
dipasarkan, dan tipe barang yang dipasarkan.
1 ) Menurut manajemen pengelolaan
a) Pasar tradisional
Pasar tradisional yakni pasar yang dibangun oleh pihak
pemerintah, swasta, koperasi, dan swadaya masyarakat. Daerah usahanya bisa
berbentuk kios, warung, los, dan kemah yang menyediakan barang-barang konsumsi
sehari-hari masyarakat. Pasar tradisional lazimnya dikelola oleh pedagang
kecil, menengah, dan koperasi. Pelaksanaan penjualan dan pembelian dijalankan
dengan tawar-menawar. Para pengelolanya bermodal kecil. Model pasar tradisional
antara lain Pasar Lawang (Malang) dan Pasar Senen (Jakarta).
b) Pasar modern
Pasar modern yakni pasar yang dibangun oleh pihak
pemerintah, swasta, dan koperasi yang dikelola secara modern. Pada lazimnya
pasar modern memasarkan barang keperluan sehari-hari dan barang lain yang
sifatnya bendung lama. Modal usaha yang dikelola oleh pedagang jumlahnya besar.
Kenyamanan berbelanja bagi pembeli betul-betul diutamakan. Lazimnya penjual
memasang label harga pada tiap-tiap barang. Model pasar modern adalah plaza,
supermarket, hipermart, dan shopping centre.
2 ) Menurut manajemen pelayanan
a) Pasar swalayan (supermarket)
Pasar swalayan yakni pasar yang menyediakan barang-barang
keperluan masyarakat, pembeli dapat memilih barang secara lantas dan melayani
diri sendiri barang yang diharapkan. Lazimnya barang-barang yang dipasarkan
barang keperluan sehari-hari hingga elektronik. Seperti sayuran, beras, daging,
kelengkapan mandi hingga radio dan layar kaca.
b) Pertokoan (shopping centre)
Shopping centre (pertokoan) yakni bangunan pertokoan yang
berjajar-deret di tepi jalan. Lazimnya atas peran pemerintah diatur sebagai
kawasan khusus pertokoan. Shopping centre berbentuk ruko adalah perumahan dan
pertokoan, sehingga bisa diciptakan daerah tinggal pemiliknya atau penyewa.
c) Mall/plaza/supermall
Mall/plaza/supermall yakni daerah atau bangunan untuk usaha
yang lebih besar yang dimiliki/disewakan bagus pada perorangan, golongan
tertentu masyarakat, atau koperasi. Pasar ini lazimnya dilengkapi sarana
hiburan, rekreasi, ruang pameran, gedung bioskop, dan seterusnya.
3 ) Menurut jumlah barang yang dipasarkan
a) Pasar eceran
Pasar eceran yakni daerah kesibukan atau usaha perdagangan
yang memasarkan barang dalam partai kecil. Model kios-kios kelontong, pedagang
kaki lima, pedagang asongan, dan sebagainya.
b) Pasar grosir
Pasar grosir yakni daerah kesibukan/usaha perdagangan yang
memasarkan barang dalam partai besar, contohnya lusinan, kodian, satu dos,
satu karton, dan lain-lain. Pasar grosir dimiliki oleh
pedagang besar dan pembelinya pedagang eceran. Model: Alfa gudang rabat,
sentra-sentra grosir, makro, dan sebagainya.
b . Pasar Imajiner (Pasar Tak Riil)
Pasar imajiner (pasar tak kongkret) yakni pasar yang
kesibukan jual beli barang atau jasa yang diperdagangkannya dijalankan menurut
teladan-teladan yang kualitasnya telah ditetapkan. Barang yang dipasarkannya
malah tak tersedia di daerah. Transaksi yang dijalankan antara penjual dan
pembeli juga tak semestinya berjumpa secara lantas. Mereka bisa mengerjakannya
lewat telepon, surat, dunia maya, dan telegram. Model dan format barang dapat
diperhatikan lewat brosur, dunia maya, layar kaca, majalah, koran, tabloid, dan
lain-lain. Model : Membeli komputer jinjing di kios online.
1 ) Pasar uang
Pasar uang yakni pasar yang memperjualbelikan surat berharga
rentang pendek (rentang waktunya kurang dari satu tahun), seperti Akta Bank
Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), akta deposito, interbank
call money, bankers acceptance, commercial paper, treasury bills repurchase
agreement, dan foreign exchange market.
2 ) Pasar modal
Pasar modal yakni daerah perdagangan saham, adalah bukti
kepemilikan dari sebuah perusahaan. Lazimnya saham berbentuk surat, sehingga
kerap disebut surat berharga. Saham atau surat berharga yang diperdagangkan di
pasar modal disebut efek. Efek hakekatnya sebuah istilah yang penerapannya
betul-betul luas. Seluruh yang termasuk surat berharga lazim disebut efek
seperti surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi,
sekuritas kredit, petunjuk bukti utang, right issue, waran, alternatif, dan
produk-produk lainnya yang diatur sebagai efek oleh Badan Pengawas Pasar Modal
(Bapepam). Proses perdagangan di pasar modal terdapat pialang (broker). Tugas
dari broker yakni penghubung atau perantara perdagangan antara penjual dan
pembeli.
3 ) Pasar barang berjangka
Pasar barang berjangka yakni badan usaha yang
menyelenggarakan dan menyediakan cara atau sarana untuk kesibukan jual beli
komoditas menurut kontrak berjangka seperti Bursa Berjangka Jakarta (BBJ).
Bursa Berjangka Jakarta diketahui dengan Jakarta Futures Exchange (JFE). Barang
yang dipasarkan di JFE yakni kelapa sawit, minyak goreng, kopi, kedelai, dan
gula.
4 ) Pasar daya kerja
Pasar daya kerja atau bursa daya kerja yakni suatu kesibukan
untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan yang memerlukan profesi.
Daya-hal yang terkait dengan daya kerja di bawah naungan Departemen Selain Daya
dan Transmigrasi yang bertugas mendaftar dan menyalurkan pencari kerja agar
penghidupan pencari kerja lebih cocok. Menurut Departemen Selain Daya dan
Transmigrasi, ada biro-biro jasa yang bergerak dalam penyaluran daya kerja.
Pasar daya kerja berperan sebagai daerah untuk penyaluran daya kerja dan untuk
mendapat kabar lowongan profesi di dalam negeri ataupun luar negeri.
5 ) Pasar valuta asing
Pasar valuta asing kerap disebut bursa valuta asing adalah
daerah kesibukan memperjualbelikan valuta asing. Pada perdagangan valuta asing
diketahui istilah kurs. Kurs yakni skor mata uang suatu negara yang diucapkan
dengan skor mata uang negara lain. Kurs terdiri atas kurs jual dan kurs beli.
Selisih antara kurs jual dan kurs beli menjadi profit untuk para penjual valuta
asing.
Komentar
Posting Komentar